Ruang Lingkup Bisnis

  1. 1. Pengertian Bisnis dan Jenisnya

Bisnis adalah semua aspek kegiatan untuk menyalurkan barang-barang melalui saluran yang produktif dari membeli barang ,emtah, sampai menjadi barang jadi. Menurut Kismono (2001) bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.

  1. 2. Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.

Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli.  Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Jenis-Jenis Pasar

Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).  Maka kita lihat penjabaran berikut ini:

  • Pasar Nyata.

Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.

  • Pasar Abstrak.

Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.

Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.

  • Pasar Tradisional

Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.

  • Pasar Modern

Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.

Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.

Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:

  • Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional dan
  • Pasar Internasional
  1. 3. Unsur-unsur Penting Dalam Aktivitas Ekonomi

  1. Manusia
  2. Modal
  3. Material
  4. Metode
  5. Manajerial
  6. Mesin atau peralatan
  1. 4. Mengapa belajar bisnis

Peranan bisnis sangatlah penting dalam kehidupan masyarakat, karena melalui kegiatan bisnis suatu perusahaan akan dapat memenuhi setiap kebutuhan dari masyarakat konsumen yang beraneka ragam, sehingga konsumen merasa terpuaskan.
Setiap perusahaan yang berkinerja baik dan mampu memberikan layanan yang memuaskanbagi konsumennya.

Ada 5 alasan penting mengapa kita mempelajari bisnis :

1. adanya saling ketergantungan baik secara individual maupun sebagai suatu negara.

2. adanya peluang internasional.

3. usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup.

4. adanya perubahan.

5. mencegah kesalahpahaman.

1. 5. kesempatan bisnis

ada 4 tempat untuk mendapatkan peluangg bisnis, yaitu :

a. Diri sendiri

sumber pertama gagasan yang paling dekat dan mudah, adalah diri sendiri.

b. pelanggan

sumber kedua memperoleh gagasann bisnis baru adalah melalui pelanggan dan pesaing.

c. pasar

sumber gagasan bisnis baru berikutnya adalah pasar.

d. produk yang gagal

sumber keempat lahirnya gagasan bisnis adalah produk-produk yang gagal.

(sumber : http://www.g-excess.com/id/pengertian-dan-penjelasan-sistem-perekonomian.html

http://kampus-online.blogspot.com/2008/06/ch1-studi-kbisnis.html

Wikipedia bahasa Indonesia)

buku pengantar bisnis karangan Pandji Anoraga

5 thoughts on “Ruang Lingkup Bisnis

  1. Ping-balik: RUANG LINGKUP BISNIS « utrinsafitri1

  2. Ping-balik: Ruang Lingkup Bisnis | tiaraputri2095

  3. Ping-balik: Ruang Lingkup Bisnis | D.L Fourteen

  4. Ping-balik: PENGANTAR BISNIS-Ruang Lingkup Bisnis | dedesitirohmah92

  5. Ping-balik: [study hard] Bab 1 Ruang Lingkup Bisnis | imzanimbuzz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s