Kewirausahaan

1. pengertian wirausahaan

Kewirausahaan adalah suatu profesi yang timbul karena interaksi antara ilmu pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal dengan seni yang hanya dapat diperoleh dari suatu rangkaian kerja yang diberikan dalam praktik. Wirausaha adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan darinya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan.

Kewirausahaan adalah semangat, perilaku dan kemampuan untuk memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang memperoleh keuntungan untuk diri sendiri dan atau pelayanan yang lebih baik pada pelanggan atau masyarakat, dengan selalu berusaha mencari pelanggan lebih banyak dan melayani pelanggan lebih baik, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dan menerapkan cara kerja yang lebih efisien, melalui keberanian mengambil resiko, kreatifitas dan inovasi serta kemampuan manajemen.

Dengan kata lain kewirausahaan merupakan suatu proses penciptaan nilai dengan menggunakan berbagai sumber daya tertentu untuk mengeksploitasi peluang. Proses ini dibagi dalam beberapa tahapan khusus, yaitu :

a. Identifikasi Peluang

b. Pengembangan (konsep) bisnis baru

c. Evaluasi dan pengumpulan sumber daya yang diperlukan

d. Implementasi konsep

e. Pemanfaatan serta penuaian hasil dari bisnis yang dijalankan

Ada tiga penyebab yangg menjadi alasan kegagalan bisnis, yaitu :

a. Masuk kedalam bisnis terlalu cepat. mereka terjun kedalam suatu pekerjaan baru yang mengandung resiko terlalu tergesa-gesa, tanpa melakukan perencanaan yang mendalam.

b. Kehabisan uang, jika anda tidak dapat menyelaraskan daftar gaji atau upah atau membayar rekening-rekening anda, anda akan keluar dari bisnis. perencanaan kebutuhan uang yang realistis merupakan hal yang sangat penting. Perkiraan kebutuhan kas merupakan prioritas utama sebelum memulai bisnis ini.

c. Kesalahan perencanaan, perencanaan yang gagal jelas merupakan suatu kesalahan. Rencana bisnis yang terperinci mendorong wiraswastawan untuk berpikir kedepan, merefleksikan, dan memutuskan bagaimana agarr maju.

 

2. Ciri-ciri wirausahawan

ciri-ciri seorang wirausahawan adalah sebagai berikut :

a. Percaya diri

Seorang wirausahawan harus memiliki keyakinan diri yang tinggi untuk memasuki bisnisnya. Percaya ini dapat dibangun dari pola pikir yang positif bahwa bisnis yang sikerjakan akan sukses.

b. Memiliki daya institusi yang tajam

Ada kalanya dalam berbisnis, intitusi yang tajam jauh lebih berperan daripada rasio. Banyak bisnis yang dimulai karena seseorang memiliki intitusi bahwa bisnis tersebut memiliki prospek yang bagus.

c. Berorientasi pada tugas dan hasil

Wirausahawan lebih mengutamakan prestasi usaha terlebih dahulu dibanding prestise, karena pristise sesungguhnya merupakan dampak dari prestasi usaha.

d. Berani mengambil resiko

Dunia usaha selalu penuh dengan resiko dan tantangan seperti persaingan usaha, harga bahan baku turun naik, barang tidak laku, perubahan selera pasar, produk cacat atau rusak.

e. Memiliki kemampuan memimpin

Sifat kepemimpinan merupakan faktor kunci bagi seseorang wirausahawan, karena dalam menjalakan bisnisnya ia harus bekerja sama dengan orang lain atau mengorganisasi orang lain untuk melakukan pekerjaannya agar tujuan bisnisnya dapat tercapai

f. berorientasi ke masa depan

seorang wirausaha haruslah prespektif, mempunyai visi ke depan.

g. Sikap tanggap terhadap perubahan

di dunia ini tidak ada yang abadi kecuali perubahan

h. kreatifitas yang tinggi

Tingkat kreatifitas merupakan faktor penting yang sangat menunjang kemajuan bisnisnya

i. Keorisinilan

maksudnya adalah ia tidak hanya mengekor kepada orang lain, tetapi memiliki pendapat sendiri, memiliki ide yang orisinal, dan kemampuan untuk melaksanakan sasuatu.

 

3. Arti penting kewirausahaan

a. meningkatkan prokduktifitas

b. meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan pekerjaan

c. menciptakan tekhnologi, produk baru

d. mendorong inovasi

e. membantu organisasi bisnis yang besar

 

4. Jenis-jenis wirausaha

a. wirauusaha andal

b. wirausaha tangguh

c. wirausaha unggul

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s