Manfaat Tidur

Ternyata tidur mempunyai manfaat yang banyak sekali, dari mulai meningkatkan kekebalan tubuh manusia sampai membuat diri kita menjadi seseorang dengan kepribadian yang lebih baik, jadi katanya orang yang kurang tidur itu biasanya efeknya banyak berpengaruh terhadap perilaku orang tersebut.

A.Kulit jadi lebih cerah

Stres mental yang diakibatkan kurang tidur membuat pembuluh darah mengerut,sehingga darah yang dipompakan ke seluruh tubuh menjadi berkurang,begitu menurut sebuah studi baru dalam Circulation: The Journal of The American Heart Association. Padahal pembuluh2 darah di wajah sangat dekat dengan permukaan kulit. Aliran darah yang lancar menghasilkan warna kulit yang sehat. Bisa dibayangkan jika terjadi pengerutan pada pembuluh darah di wajah.Selain itu stres yang disebabkan kurang tidur juga menghasilkan minyak yang berlebihan di wajah,membuat kita lebih rentan terhadap jerawat.Akibat lainnya jika kurang tidur adalah,kulit lebih cepat berkerut dan kendur sebelum waktunya.Jika kulit tidak mendapatkan kecukupan waktu dalam semalam untuk mengisi ulang energi,kita kehilangan sel-sel baru yang membantu menjaga kulit tetap kencang.Perbaikan sel-sel kulit juga berlangsung di malam hari.Kurang tidur hanya semalam dapat mengganggu kemampuan kulit mempertahankan kelembaban dan melindungi kulit terhadap sinar matahari dan polusi pada keesokan harinya.

B. Mata lebih cerah

Jika kelopak mata tidak terpejam cukup lama akan membuat mata kering dan iritasi.Itu sebabnya mata kita tampak merah jika kita kurang tidur.Para ahli menduga,lingkaran gelap dibawah mata muncul karena fatigue atau kelelahan memperlambat sirkulasi dan darah tegenang di dalam kulit yang setipis kertas di sekitar mata.

C. Rambut sehat berkilau.

Terus menerus kurang tidur atau tidur larut malam membuat tubuh kita selalu berada dalam keadaan krisis sehingga hanya mengeluarkan energi dalam jumlah terbatas. Padahal bahan bakar ini biasanya memberikan banyak nutrien ke akar rambut.Karena jumlah nutrien terbatas,nutrien yang ada lalu diberikan pada organ tubuh yang menderita.Tanpa kecukupan nutrien,rambut kehilangan kilau dan mudah patah.

D. Tubuh lebih ramping

Kurang tidur dapat membuat berat badan bertambah.Satu fakta yang mengagetkan banyak perempuan.Mengapa?Kurang tidur memperlambat metabolisme sehingga pembakaran kalori oleh tubuh menjadi lambat.Sebuah study University of Chicago menemukan,sesudah seminggu tidur selama 4 jam,tingkat metabolisme dari pria berusia sekitar 20an sebanding dengan tingkat metabolisme pria yang lebih tua.
Kurang tidur juga memperlambat produksi hormon pertumbuhan,suatu hormon yang mengubah lemak menjadi bahan bakar.Kurangnya hormon ini berarti lebih banyak lemak.Menurut para ahli,90% dari perempuan bisa menurunkan berat badan jika mereka cukup tidur.

E. Meningkatkan Kecerdasan

“Manfaat tidur berkualitas bisa meningkatkan kesehatan sampai kecerdasan,” tutur dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Dijelaskan Mercylia bahwa manfaat itu ialah agar kecerdasan, ketelitian,kreativitas,dan kemampuan mental dan emosional serta mood seseorang akan terus terjaga dan dapat berkembang. “Tidur yang berkualitas juga dapat meremajakan kembali fungsi sel-sel tubuh dan memperbaiki fungsi metabolisme tubuh,” ucapnya.

21.00 – 23.00 : secara alami melakukan detoksifikasi tubuh dan pertumbuhan. Umumnya, proses pertumbuhan pada anak-anak terjadi pada waktu ini. Karena itu, jangan biarkan si kecil tidur lebih dari pukul 9 malam.

23.00 – 01.00 : terjadi proses pembersihan liver atau hati

01.00 – 03.00: detoksifikasi empedu

03.00 – 05.00: detoksifikasi paru-paru

05.00-07.00 : detoksifikasi usus besar

One thought on “Manfaat Tidur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s