Manfaat Buah Kiwi


sumber gambar : google.co.id

Buah kiwi (Actinidia chinensis), buah ini juga disebut Chinese gooseberry, sejenis beri dari Cina. Berbentuk bulat lonjong, berwana cokelat dengan bulu-bulu halus pada kulit buahnya. Daging buahnya berwarna hijau terang dengan biji-biji hitam kecil, lezat dimakan segar sebagai buah meja, asal dikupas dahulu atau disendok langsung dari buahnya. Dijadikan salad buah, es krim atau sebagai hiasan Cake juga enak.

Kandungan dalam buah kiwi :

  • Memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar

    Kiwi mengandung 100 mg vitamin C dalam 100 gram beratnya. Sedangkan jeruk hanya memiliki kandungan vitamin C sebanyak 54 mg per 100 gram. Ini berarti kandungan vitamin C pada sebutir kiwi sama dengan 2 buah jeruk.

  • Kaya Antioksidan

    Kandungan polifenol, karotenoid dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya tubuh lebih sehat dan dapat terhindar dari banyak penyakit.

  • Mengandung Lutein dan Beta Karoten

    Manfaat dari lutein dan beta karoten (vitamin A) adalah menjaga kesehatan mata. Maka dengan mengkonsumsi kiwi, fungsi penglihatan dapat terpelihara dengan baik.

  • Mengandung Kalium

    Kalium berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kiwi juga dapat membantu mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah.

  • Menghilangkan Masalah Pencernaan

    Kiwi dapat membantu bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan. Buang air besar tidak teratur atau kembung dapat diatasi dengan mengkonsumsinya secara teratur.

Buah yang berbuah sepanjang tahun ini kandungan vitamin C nya dua kali lipat lebih banyak dari buah jeruk. Juga mengandung vitamin A, B1, B2, potasium, niasin dan asam folat dalam jumlah besar. Selain itu, buah kiwi kaya dengan klorofil dan mempunyai sumber antioksidanyang terbaik. Ia juga tidak mengandungi lemak dan kolesterol.

Manfaat buah kiwi itu sendiri diantaranya adalah :

1. Untuk kecantikan

Selain untuk kesehatan, kandungan yang dimiliki dalam sebutir kiwi yang bermanfaat untuk kecantikan antara lain:

  • Dapat digunakan sebagai masker yang akan membuat kulit menjadi lebih elastis dan segar.

Berikut resep jitu masker kecantikan, dari buah kiwi:

Untuk kulit kering
Cara: campurkan 1 sdm jus kiwi, dengan 1 sdm minyak zaitun, dan 1 kuning telur. Oleskan ke seluruh seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit. Bersihkan dengan spons, dan rasakan manfaatnya. Selain dapat melancarkan sirkulasi darah, masker ini juga bisa bermanfaat melicinkan, menutrisi dan menenangkan kulit.

Untuk segala jenis kulit
Cara: Haluskan 1 buah kiwi, campurkan dengan 2 sdm yogurt tawar, 1 sdm sari jeruk, 1 sdm minyak almond, dan 1 cangkir wortel yang telah dihaluskan. Aduk semua bahan hingga menjadi pasta halus. Oleskan di wajah dan biarkan sampai kering. Bersihkan dengan mencuci wajah menggunakan air dingin. Manfaatnya dapat menutrisi dan membuat kulit lebih relaks.

Untuk kulit berminyak
Cara: Masukkan ½ buah kiwi, 15 ml yogurt tawar, 5 ml susu skim, 5 ml madu, 5 ml oatmeal halus, 1 tetes petitgrain essential oil, dan 1 tetes minyak lavender ke dalam blender. Haluskan semua bahan sampai menjadi cairan lembut.

Oleskan ramuan ke wajah dan leher dengan kapas. Pijat lembut, bilas dan tuntaskan dengan toner serta pelembab. Manfaat yang bisa Anda rasakan dari ramuan masker ini adalah bisa mendinginkan dan membersihkan kulit. Aplikasikan masker ini setiap kali diperlukan dan segera pakai setelah dibuat.

Untuk masker pembersih
Cara: Hancurkan satu buah kiwi, lalu lumurkan ke wajah. Jika kulit terasa dicubit-cubit, itu berarti kandungan asam organik dalam kiwi sedang bekerja. Basuh wajah setelah 15 menit. Kemudian bersihkan dengan menggunakan tonik apapun. Lalu, oleskan krim wajah yang biasa Anda pakai. Manfaat yang bisa Anda peroleh dari ramuan ini adalah mampu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori yang besar.

Untuk mengelupaskan kulit mati
Cara: gunakan blender untuk menghancurkan 5-6 stroberi, 1 buah kiwi, ½ mentimun yang sudah dikupas kulitnya. Haluskan semua bahan hingga menjadi pasta encer. Jika terlalu encer, tambahkan satu sendok teh oatmeal sampai mengental.

Oleskan pada wajah dan leher. Pijat lembut untuk mengelupas kulit secara halus. Diamkan selama 5-10 menit. Bersihkan dengan air hangat. Manfaat yang bisa Anda peroleh, bisa membersihkan dan menyegarkan kulit.

  • Mengkonsumsi kiwi dapat membuat kulit menjadi bersinar, mengurangi kerutan pada wajah, dan lingkaran hitam pada mata yang dapat mengganggu penampilan.
  • Kandungan antioksidannya juga membuat kulit terlihat kencang dan awet muda.
  • Biji kiwi menghasilkan minyal omega-3 yang biasa digunakan untuk kosmetik.
  • Hanya mengandung sedikit kalori, sehingga buah ini senang dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet.

2. Mencegah kanker prostate

Kandungan zat lutein-nya diduga dapat mencegah kanker prostate.

3. membantu peredaran darah

Amino arginine-nya membantu peredaran darah

4. mengatasi impotensi

Amino arginine-nya juga membantu mengatasi masalah impotensi

5. Membantu hati berkerja maksimal

Daging buahnya yang berwarna hijau mengandung magnesium yang bersama dengan vitamin C membuat hati bekerja lebih maksimal.

6. Mengatasi sembelit

Buah kiwi mengandung actinidin, enzim alami yang dapat mengatasi sembelit.

7. Melindungi Tubuh

Asam askobin-nya melindungi tubuh dari demam dan nyeri persendian.

8. Sumber energi

Buah dapat juga digunakan sebagai sumber energi, karena mengandung kalori yang dapat diubah menjadi energi. Rata-rata kalori yang dapat diperoleh dari satu buah yaitu sekitar 80-90 kalori.

9. Menjaga penglihatan

Peneliti mengumumkan, makan tiga buah kiwi sehari dapat merendahkan risiko dari kemerosotan macular sehubungan dengan usia, yang menjadi penyebab utama kehilangan penglihatan pada orangtua.

 

sumber :

http://www.kamusilmiah.com/kesehatan/jutaan-manfaat-buah-kiwi/

http://rifafreedom.wordpress.com/2008/09/24/buah-kiwi-kecil-kaya-manfaat/

http://kumpulan.info/kuliner/artikel-kuliner/35-artikel/248-buah-kiwi-banyak-manfaatnya.html

http://lifestyle.okezone.com/read/2010/06/07/27/340343/ini-dia-sejuta-manfaat-buah-kiwi

http://nugliztajulie.wordpress.com/2010/04/20/manfaat-buah-kiwi-untuk-kecantikan/

3 thoughts on “Manfaat Buah Kiwi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s