Manfaat Buah Semangka

Buah semangka termasuk buah favorit di musim panas. Kandungan airnya yang tinggi serta rasanya yang manis segar membuatnya jadi pilihan penutup mulut. Semangka juga kaya akan kandungan antioksidan, glutathione yang memang banyak terdapat di buah dan sayur berwarna merah. Antioksidan telah terbukti efektif mencegah berbagai jenis penyakit.

Tidak diketahui secara pasti sejak kapan semangka (Citrullus lanatus) mulai dikembangbiakkan, tapi menurut catatan sejarah, buah ini sudah dikenal ribuan tahun yang lalu oleh bangsa Mesir (terlihat dari gambar-gambar yang ada pada hierogliph di makam pharaoh).

Semangka adalah buah yang manis dan berair, merupakan buah yang sangat baik pada musim panas,s ehingga disebut Raja Melon. Semangka ini juga dinamakan Melon musim panas atau Melon Dingin. Dalam Buku Komprehensif Pertanian yang ditulis oleh Xu Guangqi dalam Dinasti Ming ini mengatakan: “Pemberian nama Semangka (Western Melon)karena berasal dari wilayah barat”.

Li Shizhen mencatat dalam Ben Cao Gang Mu: “Hu Jiao mendapatkan benih semangka di Hui He, maka dinamakan Western Melon. semangka ini dibawa masuk ke China pada saat Dinasti Generasi Lima. Sekarang semangka ditanam baik di wilayah selatan dan utara”.

Kandungan Kimia

Daging buah semangka rendah kalori dan mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, dan vitamin (A,B dan C). juga mengandung asam amino, sirulin,, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, karoten, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa.

Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari ammonia dan CO2, sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi, dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah. Likopen merupakan anti oksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E.

Biji kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning, protein, sitrulin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin pada bijinya dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Manfaat dari buah semangka sendiri adalah :

1. Bagian putih semangka mengandung senyawa yang berperan menyehatkan ginjal, seperti mencegah dan menghancurkan batu ginjal.

2. meningkatkan pembakaran lemak dan glukosa. Paling tidak hal itu terbukti pada tikus percobaan. Kandungan asam amino arginie dalam semangka efektif mengurangi lemak pada tikus-tikus yang kelebihan berat badan. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.

3. Ben Cao Gang Mu mengatakan bahwa semangka bisa menghilangkan rasa haus dan panas.

4. Menyembuhkan tenggorokan kering dan menyakitkan. Pengobatan Tradisional Cina mengatakan kulit semangka yang dingin dan manis dapat mengobati tenggorokan yang bengkak dan apotheosis.

5. Membantu buang air kecil, juga baik untuk sembelit. Akar dan daun semangka dapat digunakan untuk mengobati diare dan radang usus. Benih-benih semangka memiliki sifat hangat dan baik untuk memproduksi air liur dalam mulut, yang bermanfaat bagi paru-paru dan usus.

6. Mengatasi kecanduan alkohol.

7. manfaat buah semangka bagi kehamilan:

  • Meringankan gejala Heartburn atau rasa panas pada perut
  • Mengurangi perasaan mual
  • Membantu mengurangi morning sickness pada kehamilan trisemester pertama
  • Sebagai penambah cairan tubuh
  • Pencegah terjadinya kram otot pada kehamilan trisemester pertama
  •  Mengurangi resiko terjadinya preeclampsia hingga 50%
  • Membantu perkembangan otak, penglihatan, otot, serta sistem imun pada janin

8. Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.

9. Semangka juga mempergiat kerja jantung.

10. Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat.

11. Semangka bisa dipakai untuk menurunkan demam.

12. Semangka bisa mencegah sariawan dengan ampuh.

13. Untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda.

14. Membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

15. Buah ini bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria. penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin dalam semangka, memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra, tapi sama sekali tanpa efek samping.

Contoh Pemakaian

  1. Penghalus kulit dan penghilang flek hitam di wajah

Jemur kulit semangka secukupnya sampai kering, lalu digiling menjadi serbuk. Masukkan 2 sendok serbuk semangka tadi ke dalam jus yang dibuat dari sebatang lidah buaya dan satu buah mentimun ukuran sedang. Setelah diaduk rata, gunakan sebagai masker. Lakukan 2-3 kali seminggu, sampai kelihatan hasilnya.

  1. Kencing Manis
    • Potong-potong kulit buah semangka (30 gr) da jambu biji yang masih mengkal (1 buah), lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa segelas dan minum setelah dingin. Lakukan tiap hari 2-3 kali.

    • Rebus biji semangka (1 genggam) dengan 1 liter air sampai mendidih (45 menit) dalam panci tertutup. Setelah dingin, minum seperti teh. Lakukan setiap hari

  2. Mengeluarkan cacing usus

Rebus dengan api kecil biji semangka segar (6 sendok makan) dengan 1 liter air (45 menit). Setelah dingin, disaring, dan diminum sehari 3 kali, masing-masing sepertiga bagian.

  1. Insfeksi kandung kemih

Biji semangka direbus (2 sendok makan) dengan 3 gelas air sampai mendidih, selama 5 menit di dalam panci tertutup. Biarkan sampai dingin, lalu minum 3-4 kali sehari, masing-masing 1 sendok makan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

  1. Tekanan darah tinggi
  • Makan buah semangka setiap hari sebagai buah segar atau jus. Sehari minum 2 gelas jus buah semangka.

  • Kulit buah semangka dan gambir masing-masing 30 gr, diseduh dengan air mendidih, kemudian diminum.

Tak ada salahnya mencoba pengobatan dari buah semangka. Namanya juga usaha, asal tidak melanggar syariat boleh-boleh saja. Juga, tak selamanya obat itu harus pahit, buktinya obat dari semangka ini.

sumber :

http://health.kompas.com/read/2010/09/03/14505576/Segarnya.Manfaat.Semangka

http://erabaru.net/kesehatan/34-kesehatan/13591-manfaat-buah-semangka

http://www.kafebalita.com/content/articles/read/2009/07/manfaat-semangka-untuk-bagi-ibu-hamil/1237

http://dheryudi.wordpress.com/2008/11/20/manfaat-semangka/

http://safuan.wordpress.com/2007/10/20/buah-semangka-segar-penambah-kesuburan/

 

Iklan

3 thoughts on “Manfaat Buah Semangka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s