Manfaat Pepaya

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah Tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam Genus Carica. Nama pepaya dalam Bahasa Indonesia diambil dari Bahasa Belanda, “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama Bahasa Arawak, “papaya”. Dalam Bahasa Jawa pepaya disebut “katès” dan dalam Bahasa Sunda “gedang”.

Pepaya (Carica Papaya) merupakan buah yang sangat familiar bagi kita terutama orang Indonesia. Buah ini memiliki 1001 manfaat yang sangat baik bagi kecantikan maupun kesehatan tubuh kita. Tahukah Anda, bahwamanfaat pepaya ini sudah tersohor sejak zaman nenek moyang kita.Pepaya juga telah dikenal sebagai tanaman obat yang mujarab di seluruh penjuru dunia. Manfaat Pepaya tidak hanya bisa kita dapatkan melalui buahnya saja, namun hampir diseluruh bagian tanaman ini terdapat manfaat/khasiat yang sangat berguna.

Berikut komposisi zat pepaya per 100g :

Zat Gizi

Pepaya

Zat Gizi

Pepaya
Karbohidrat (g)
12,10
Vitamin C (mg)
74,00
Lemak (g)
0,30
Kalsium (mg)
34,00
Protein (g)
0,50
Fosfor (mg)
11,00
Vitamin B1 (mg)
0,03
Zat besi (mg)
1,00
Vitamin B2 (mg)
0,04
Serat (mg)
0,70

Sumber: Dra. Emma S. Wirakusumah, MSc., 2001.

1.  Untuk mempercepat proses pencernaan protein

karena buah ini mengandung enzim papain.Enzim papain ini memiliki fungsi yang sangat banyak, seperti memecah protein menjadiarginin, dan memecah makanan menjadi berbagai macam protein atau asam amino sehingga dapat diserap oleh tubuh.

2. Daun Pepaya Sebagai Obat jerawat

Apabila Anda memiliki keluhan dengan jerawat yang tumbuh di wajah Anda atau untuk merawat kecantikan, daun pepaya dapat dibuat sebagai masker.Cara membuatnya adalah: sediakan 2-3 lembar daun pepaya tua. Lalu jemur daun tersebut hingga halus dan lumatkan dengan setengah sendok air, lalu tempelkan pada bagian wajah Anda yang berjerawat.

3. Daun Pepaya untuk Menambah Nafsu Makan

Ini adalah salah satu manfaat pepaya yang mungkin masih jarang kita ketahui. Apabila anak Anda memiliki kesulitan untuk makan, Anda dapat menggunakan resep berikut ini untuk mengatasinya: Sediakan daun pepaya yang masih segar seukuran telapak tangan, lalu tambahkan air hangat dan sedikit garam. Kemudian campuran tadi Anda blender dan peras dan saring airnya. Lalu minumkan air tersebut pada Anak Anda, Insya Allah nafsu makan anak Anda akan segera normal kembali.

4. Daun Pepaya untuk Memperlancar Pencernaan.

Senyawa karpain yang terkandung dalam daun pepayamemiliki kemampuan untuk membunuh beberapa mikroorganisme yang dapat mengganggu pencernaan.

5. Kaya akan Antioksidan

Pepaya adalah buah yang memiliki kandungan tinggi antioksidan. Ini termasuk vitamin C, flavonoid, folat, vitamin A, asam panthotenic, mineral, magnesium, vitamin E, kalium, serat dan vitamin B. Antioksidan memerangi radikal bebas dalam tubuh dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular dan memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Karena pepaya merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, buah pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam hati. kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke, dan ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah Pepaya secara teratur. Selain itu salah buah pepaya juga sarat akan serat yang kemudian dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam hati. Asam folat yang ditemukan dalam pepaya menghilangkan zat-zat berbahaya yang dapat merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung. Salah satu manfaat buah pepaya lainnya yaitu sebagai pencegahan penyakit jantung diabetes.

7. Memperkuat sistem kekebalan

Buah pepaya mengandung banyak sekali vitamin A dan vitamin B yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan. Dengan mengkonsumsi Buah pepaya diyakini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah beberapa penyakit yang terjadi sebagai hasil menurunkan kekebalan, seperti pilek dan batuk, infeksi dan flu.

8. Mengurangi peradangan

Pepaya juga mengandung enzim papain dan enzim chymopapain yang dapat mengurangu peradangan sehingga membantu tubuh dalam penyembuhan luka bakar dan luka lainnya. Beberapa penyakit tertentu menjadi lebih buruk ketika tubuh meradang. Karena itu disarankan bahwa orang-orang yang menderita kondisi ini harus mengkonsumsi buah pepaya untuk mendapatkan manfaat buah pepaya.

9. Mencegah kanker

Manfaat buah pepaya yang tidak kalah pentingnya adalah berperan dalam mencegah kanker usus besar. Ini tidak lepas karena banyaknya kandungan serat. Serat ini juga sangat berguna bagi mereka yang kesulitan buang air besar.

10. Menjaga kesehatan paru-paru

Vitamin A yang hadir dalam buah pepaya, sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki paru-paru yang lemah. Termasuk pepaya dalam makanan mereka, akan mengurangi kemungkinan mereka tertular penyakit yang muncul sebagai hasil dari paru-paru yang lemah, seperti bronkitis, kanker dll ini.

11. Mengencangkan payudara

Pepaya di percaya oleh nenek moyang kita sejak dulu sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita dan merangsang indung telur mengeluarkan hormone betina. Dari hormon tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.

12.Awet Muda

Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya buah apel!!. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Pepaya juga baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai sekarang rajin-rajin saja pakai masker buah pepaya atau facial pepaya untuk ciptakan kulit Indah Anda dengan biaya murah.

13. Pelangsing Tubuh

Buah pepaya memiliki khasiat menguruskan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya muda dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Nah, enzim tersebut berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh kita. Enzim itu juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging berlebih. Ini strategi jitu bagi Anda untuk melangsingkan badan.

14. Untuk merawat kulit dan rambut

Manfaat Buah Pepaya adalah untuk perawatan kulit. Pepaya atau jus pepaya dapat diaplikasikan untuk mencegah dan menyembuhkan gangguan-gangguan kulit, seperti jerawat, kutil, dan luka bakar. Jika sering digunakan, pepaya dapat mengembalikan warna asli kulit yang sebelumnya berubah akibat sinar matahari. Oleh karena itu, pepaya sering dijadikan unsur penting dalam banyak krim pemutih dan masker. Antioksidan yang terkandung dalam pepaya dapat memperlambat penuaan dan memberikan warna kulit yang cerah. Pepaya juga bagus untuk kesehatan rambut karena dapat membantu mencegah timbulnya ketombe.

Manfaat dari setiap bagian tanaman pepaya :

Bagian Tanaman
Manfaat
Akar
Untuk obat pembasmi cacing kremi, sakit ginjal, sakit kandung kemih, tekanan darah tinggi, digigit serangga dan encok.
Daun
Sayur untuk penambah nafsu makan. Mengobati penyakit beri-beri, kejang perut, malaria, sakit panas, insomia, asi tidak lancar, kaki gajah, kejengkolan, disentri amuba, keputihan dan kurang darah.
Batang
Pakan ternak
Kuntum Bunga
Untuk sayur lodeh, pecel dan dapat merangsang nafsu makan
Buah
Buah meja (langsung dikonsumsi), asinan, selai/jam, manisan, makanan kering, saos, juice, dan minuman ringan. Untuk terapi memperlancar pencernaan, menghaluskan kulit, mengobati lambung (sakit mag), sariawan, sembelit dan mengurangi panas tubuh, serta membantu membuang lemak dalam tubuh.
Biji
Dapat diolah menjadi tepung untuk obat masuk angin dan minyak, obat cacing dan diare.
Getah (papain)
Digunakan untuk luka bakar, jerawat dan kutil. Dalam industri minuman digunakan sebagai penjernih dan penambah cita rasa pada bir, sedangkan dalam industri daging sebagai pengempuk daging
Kulit pohon
Bahan obat

Sumber : Tri Margono, 2000

referensi :

http://www.kesehatan123.com/2111/manfaat-pepaya/

http://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya

http://www.kucoba.com/2011/12/manfaat-buah-pepaya-dan-khasiat-pepaya.html

http://finunu.wordpress.com/2011/10/13/5-manfaat-buah-pepaya/

http://pengetahuanituindah.blogspot.com/2012/02/manfaat-buah-pepaya-untuk-kesehatan.html

http://bakulatz.wordpress.com/2011/11/20/manfaat-buah-pepaya/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s