Over Reaksi Pasar Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta

Judul Over Reaksi Pasar Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta
Penulis Rahmawati dan Tri Suryani
Tahun September 2005
Landasan Teori Jurnal ini memfokus pada masalah kelompok saham Loser dan kelompok saham Winner. Kelompok salah loser adalah kelompok saham yang konsisten harga sahamnya mengalami penurunan, sedangkan kelompok saham winner adalah kelompok saham yang konsisten harga sahamnya mengalami kenaikan.

Penulis menguji apakah informasi yang tak terduga yang bersifat dramatik mempengaruhi reaksi para pelaku pasar secara berlebihan. Penelitiannya dilakukan dengan menguji data saham dari perusahaan manufaktur di BEJ.

Rumusan masalah yang terdapat pada jurnal ini adalah :

  1. Apakah ada overreaction terhadap harga-harga saham perusahaan manufaktur yang ada di BEJ, yang ditandai dengan portofolio loser mengungguli portofolio winner.
Metode dan Subjek Penulis menggunakan metode purposive sampling, yaitu yang sesuai dengan kriteria yang akan digunakan dalam penelitian sebanyak 30. Kriteria-kriteria tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Seluruh saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ pada periode Januari 2000 – Desember 2002.
  2. Data yang digunakan adlaah data bulanan selama tiga tahun.
  3. Sampel saham yang pada periode pembentukan portofolio mempunyai Average Return positif, sebanyak 15 sampel, selanjutnya digolongkan portofolio winner. Saham yang mempunyai Average Abnormal Return negatif sebanyak 15 sampel saham selanjutnya digolongkan portofolio loser.
Hasil Terjadi overreaction yang ditandai dengan adanya portofolio loser yang mengungguli portofolio winner, tetapi hal ini tidak berlangsung secara konstan, namun terjadi secara terpisah-pisah. Artinya hasil pengujian ini secara rata-rata seluruh sampel loser dan seluruh sampel wiinner belum bisa mendukung secara jelas bahwa terjadi efek reaksi berlebihan pada pasar modal di Indonesia
Kesimpulan Terdapat indikasi reaksi berlebhian yang di tandai dengan portofolio losser mengungguli portofolio winner. Efek reaksi berlebihan ini terjadi tidak dalam kurun waktu yang konstan lama. Tetapi terjadi secara terpisah-pisah atau separatis.

Hal ini dapat dinyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata abnormal return seluruh saham golongan loser dengan seluruh saham golongan winner.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s