Perbedaan Reaksi Pasar Terhadap Publikasi Corporate Governance Perception Index Pada Perusahaan Top 10 dan Non Top 10

Judul Perbedaan Reaksi Pasar Terhadap Publikasi Corporate Governance Perception Index Pada Perusahaan Top 10 dan Non Top 10
Penulis Azhari S dan Yenita Ernas
Tahun 2006

 

Landasan Teori Jurnal ini memfokuskan kepada reaksi pasar yang timbul dari publikasi Corporate Governance Perception Index (CGPI) sekaligus membuktikan adanya perbedaan reaksi pasar tersebut antara perusahaan Top 10 dan perusahaan Non top 10 CGPI. Sampel penelitiannya diambil dengan menggunakan purposive sampling method. Populasi penelitiannya berjumlah 148, Selanjutnya, diperoleh 84 perusahaan sebagai sample penelitian yang terbagi atas : 26 perusahaan Top 10 dan 58 perusahaan Non top 10. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan program SPSS 13.00. Reaksi pasar diukur menggunakan abnormal return dan volume perdagangan saham. Dalam hal ini, pasar dikatakan bereaksi jika informasi yang dipublikasikan menimbulkan adanya abnormal return baik positif maupun negatif di pasar. Sebaliknya, jika tidak ditemukan adanya abnormal return maka hal tersebut mengindikasikan pasar tidak bereaksi terhadap event tersebut.

Jurnal ini menggabungan penulisan-penulisan ilmiah dari penulis lainnya, diantaranya adalah Arifin (2003), Sulistyanti (2003), Darmawati. dkk (2004), Almilia (2006), (Jogiyanto, 2003), Bamber dan Cheon (1995).

Metode dan Subjek Penelitian ini mengambil populasi berupa perusahaan yang terdaftar dan mengikuti survei CGPI yang dilaksanakan oleh IICG selama 5 tahun (2001-2005). Dalam hal ini terdapat 148 perusahaan yang bersedia mengikuti survei selama periode tersebut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan maka perusahaan yang terpilih menjadi sampel hanya berjumlah 84 perusahaan. Dari klasifikasi tersebut didapat bahwa dari tahun 2001-2005 yang masuk kategori Top 10 ada 26 perusahaan dan Non-top 10 ada 58 perusahaan. Periode pengamatan dalam penelitian ini diambil selama 11 hari di sekitar tanggal pengumuman, yaitu 5 hari sebelum (t-5), pada saat (t=0) dan 5 hari setelah publikasi (t+5) CGPI. Penentuan periode penelitian ini untuk menghindari adanya compounding effect (seperti pembagian dividen, saham bonus, dan stock split ataupun informasi lain) yang dapat menyebabkan abnormal return dan volume perdagangan saham perusahaan yang bersangkutan akan mengalami perubahan.
Hasil Dari hasil penelitian kali ini diketahui bahwa perusahaan yang termasuk Top 10 CGPI, volume perdagangan saham nya lebih kecil yakni 0.001401 dari perusahaan yang termasuk Non top 10 CGPI yang volume perdagangan sahamnya 0.006606.
Kesimpulan Berdasarkan hasil yang didapat dari pengujian statistik yang dilakukan penulis maka dapat disimpulkan :

  1. Dari pengujian yang dilakukan ditemukan bahwa publikasi CGPI menimbulkan abnormal return dan volume perdagangan saham yang signifikan di sekitar periode event window baik pada perusahaan Top 10 maupun Non top 10. Hasil ini tidak berbeda dengan penelitian sebelumnya oleh Almilia (2006) yang juga menemukan adanya abnormal return dan volume perdagangan saham yang signifikan pada perusahaan Top 10 dan Non top 10 dari publikasi CGPI ini.
  2. Dari pengujian yanhg dilakukan menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan abnormal return yang signifikan tetapi terdapat perbedaan reaksi pasar yang signifikan yang terlihat dari volume perdagangan saham pada saat publikasi (t0) CGPI antara perusahaan Top 10 dan Non top 10. Hasil ini berbeda dengan penelitian Almilia (2006) dimana dari penelitian tersebut tidak terdapat perbedaan volume perdagangan saham yang signifikan pada saat hari publikasi CGPI antara perusahaan Top 10 dan Non top 10 CGPI.

 

One thought on “Perbedaan Reaksi Pasar Terhadap Publikasi Corporate Governance Perception Index Pada Perusahaan Top 10 dan Non Top 10

  1. Hi! Someone in my Facebook group shared this website with us so
    I came to check it out. I’m definitely loving the information.

    I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers!
    Superb blog and superb style and design.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s