Reaksi Pasar Saham Terhadap Pengumuman Penerbitan Obligasi Syariah di Bursa Efek Indonesia

Judul Reaksi Pasar Saham Terhadap Pengumuman Penerbitan Obligasi Syariah di Bursa Efek Indonesia
Penulis Resi Primadani
Tahun 2013

 

Landasan Teori Jurnal ini memfokuskan kepada reaksi pasar terhadap pengumuman penerbitan obligasi syariah di BEI.

Adanya informasi pengumuman penerbitan obligasi syariah dapat diartikan secara positif atau negatif oleh investor. Informasi pengumuman penerbitan obligasi syariah bernilai positif apabila penerbitan obligasi syariah memuat informasi yang bermakna good news bagi investor. Informasi yang bermakna good news menunjukkan bahwa penerbitan obligasi syariah dapat meningkatkan nilai dari perusahaan dan memberikan keuntungan bagi investor. Informasi pengumuman penerbitan obligasi syariah bernilai negatif apabila penerbitan obligasi syariah memuat informasi yang bermakna bad news bagi investor. Pada kondisi perekonomian yang kurang baik, Informasi yang bermakna bad news menunjukkan bahwa obligasi syariah akan meningkatkan hutang yang menjadi penyebab kenaikan risiko perusahaan (financial risk).

Metode dan Subjek Pendekatan yang digunakan dalam menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah pendekatan event study untuk melihat reaksi pasar saham terhadap pengumuman penerbitan obligasi syariah. Reaksi pasar ini dapat diukur dengan menggunakan return sebagai nilai perubahan harga atau dengan menggunakan abnormal return. Dalam penelitian ini untuk mengukur abnormal return saham dengan menggunakan market model.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah saham-saham perusahaan seluruh industri yang terdaftar di BEI yang menerbitkan obligasi syariah selama periode 2002-2011. Dari data terakhir diperoleh 15 perusahaan yang menerbitkan obligasi syariah selama periode 2002-2011. Dari populasi tersebut, kemudian dipilih beberapa perusahaan untuk dijadikan sampel.

Penentuan sampel menggunakan kriteria sebagai berikut:

  1. Seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI yang melakukan pengumuman penerbitan obligasi syariah selama periode 2002-2011;
  2. Selama periode uji, perusahaan tidak melakukan corporate action lain seperti pengumuman kebangkrutan, stock dividend, stock split, right issue dan akuisisi untuk menghindari terjadinya bias karena adanya informasi lain;
  3. Saham perusahaan sampel adalah saham yang aktif diperdagangkan di pasar saham.
Hasil Hasil AAR dan CAAR saham perusahaan sampel yang mengumumkan penerbitan obligasi syariah yang diperoleh dari pengolahan data selama 21 hari periode uji, yaitu 10 hari sebelum tanggal pengumuman hingga 10 hari sesudah tanggal pengumuman. Nilai AAR menunjukkan rata-rata pendapatan abnormal saham, sedangkan CAAR menunjukkan akumulasi pendapatan abnormal saham.

Nilai emisi obligasi syariah yang terlalu kecil ini tidak terlalu mempengaruhi kinerja perusahaan sehingga investor cenderung melakukan strategi wait and see sehingga mengakibatkan tidak adanya perbedaan AAR dan CAAR sebelum tanggal pengumuman dan sesudah tanggal pengumuman penerbitan obligasi syariah.

Kesimpulan Berdasarkan hasil diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat reaksi pasar saham terhadap pengumuman penerbitan oblihgasi syariah. Dengan kata lain bahwa penerbitan obligasi syariah tidak memuat kandungan informasi baik yang bermakna good news maupun bad news bagi investor.

 

5 thoughts on “Reaksi Pasar Saham Terhadap Pengumuman Penerbitan Obligasi Syariah di Bursa Efek Indonesia

  1. kakk q bisa dapetin data nya kk yg ini gak??
    q jugaa mau tanyaa..liat perusahan yang menerbitkan obligasi syariah di mana yaa?? aq dapetnyaa dari OJK ..klo dari BEI kok q gak dpt2 yaa? -_-
    bingung search nyaa dimana

  2. Boleh minta nomor hp/ akun penulis skripsi yang berjudul Reaksi Pasar Saham Terhadap Pengumuman Penerbitan Obligasi Syariah di Bursa Efek Indonesia ?? judulnya sama percis tapi saya terkendala dengan data ingin menanyakan sumber dan lain-lain. Trimakasih sebelumnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s