Foundation

Well, previously, I will explain about the foundation.

Foundation atau yang lebih dikenal secara umum sebagai alas bedak memiliki fungsi bukan hanya untuk lebih merekatkan bedak pada wajah tetapi juga untuk menutup kekurangan kecil yang mungkin terdapat pada wajah anda, misalnya semacam flek atau bintik hitam. Dengan foundation ini tekstur wajah juga akan terlihat lebih halus dan meratakan warna yang ada, tentu saja dengan pemilihan warna foundation yang tepat untuk jenis dan warna kulit anda.

Untuk pemilihan warna gunakan foundation yang memiliki tingkat kecerahan 1 tingkat diatas warna kulit anda, hal ini untuk membuat warna kulit terlihat lebih bersih dan cerah. Selain itu jika anda ingin foundation yang anda gunakan dapat berfungsi pula untuk menyamarkan noda di wajah, maka pemakaiannya sebaiknya sebelum menggunakan pelembab atau moisturizer.

Pemakaian tata rias wajah yang tanpa menggunakan foundation, biasanya memberikan hasil yang kurang sempurna seperti warna tidak merata, kusam ataupun terlihat berminyak. Agar mendapatkan hasil tata rias yang maksimal, maka perlu diketahui jenis-jenis foundation yang cocok dengan jenis dan warna kulit. Pemilihan jenis foundation yang salah, tidak hanya menyebabkan tata rias menjadi kurang sempurna, tetapi juga menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Pada beberapa kasus, pemilihan foundation yang keliru menyebabkan kulit terasa kering dan terbakar.

well ladies, before using foundation, you have to know first the foundation which is suitable for your skin, in order to create maximum results.

1. Sheer Foundation

Sheer Foundation adalah jenis alas bedak yang mengandung bahan silikon namun mudah diaplikasikan ke muka. hasilnya, wajah akan terlihat lebih bersinar alami serta bebas minyak. Sheer Foundation menciptakan keindahan wajah alami seperti tidak memakai foundation. Anda pun terhindar dari “Cake Face”, tidak seperti topeng. Foundation ini menggunakan bahan silikon yang ringan. Kulit anda pun bersinar cerah. Cocok untuk kulit normal – kering

DSC051222. Matte Foundation

Alas bedak jenis ini tidak mengandung minyak sehingga sangat cocok untuk KULIT BERMINYAK. Foundation jenis ini juga mudah kering sehingga tidak disarankan untuk mengaplikasikan alas bedak ini terlalu tebal pada wajah. Foundation ini menghilangkan kesan kilap yang biasanya disebabkan oleh kelebihan minyak. Karena foundation ini berbahan dasar yang tidak mengandung minyak. Kontrol kelebihan minyak dengan menggunakan foundation ini, untuk hasil yang maksimal ketika anda diluar ruangan, bebas kilap dan tahan lama ❤

Make-up dengan efek matte juga mendapat ‘porsi’ nya sendiri di tren kecantikan. Riasan ini membuat wajah tampak halus bak beludru, lembut dan elegan. Tak seperti dewy make-up, riasan matte terlihat kering tanpa kilap di wajah. Kulit tampak lembab namun tidak berkilau.

Namun foundation ini karena mudah untuk kering maka banyak yang menyarankan untuk tidak memakainya terlalu tebal, Kenapa ? Karena jika menggunakan foundation ini terlalu tebal maka akan terciptalah “Cake Face”. Anda tidak maukan hasil karya anda hanya seperti topeng diwajah dan terlihat tidak wajar ? Gunakan juga bedak yang dapat memperhalus riasan foundation ini juga untuk sentuhan akhirnya, gunakan Shimmer untuk membuat wajah anda tidak pucat dan tampak segar.

LOreal Matte Morphose Foundation

 

3. Oil-Based Foundation

Alas bedak jenis ini mengandung minyak dan sangat disarankan bagi anda yang memiliki KULIT KERING. Sebelum menggunakan foundation ini sebaiknya di kocok terlebih dahulu agar formula yang terdapat di dalam foundation tersebut tercampur dengan sempurna.

Untuk anda yang mempunyai kulit kering anda dapat mengaplikasikan foundation ini sebelum menggunakan make-up. Karena foundation ini memberikan anda kelembapan karena minyak merupakan bahan utama yang digunakan oleh foundation jenis ini. Foundation ini sangat mudah berbaur dengan kulit anda, pakai secukupnya jangan terlalu tebal. Foundation ini dapat membuat kulit anda terlihat halus dan bercahaya.

RevlonPhotoReady

4. Liquid Foundation

Liquid foundation terdiri dari dua jenis foundation yang berbahan dasar air dan minyak. Untuk yang berbahan dasar air justru disarankan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan sensitif karena alas bedak jenis ini tidak mengandung minyak. Sementara yang berbahan dasar minyak sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kulit kering atau dehidrasi pada kulit.

Seperti yang diketahui diatas maka untuk memilih Liquid Foundation ini anda harus tahu foundation tersebut berbahan dasar apa. Jangan sampai anda salah memilih foundation karena hasilnya mungkin tidak sesuai dengan keinginan anda.

Foundation ini juga cocok untuk yang memiliki flek di wajah, karena bisa menutup dengan sempurna, bekas-bekas jerawat. Foundation ini juga ringan, jadi anda seperti memakai pelembab hanya saja ini memberikan warna untuk wajah anda.

Cara pengaplikasiannya bisa menggunakan spons atau kuas sintetis. Untuk jenis kulit berminyak dapat memilih jenis liquid foundation dengan water based formula atau oil free liquid foundation.  Water based foundation mengandung minyak silikon yang dapat memudahkan pengaplikasian dan juga memberikan kilau pada wajah.  Untuk kulit kering dan keriput dapat memilih liquid foundation dengan oil based formula. Untuk kulit normal gunakanlah liquid foundation dengan water based formula untuk memberikan hasil akhir yang lebih ringan.

p-facecsmucomboily-lg-200-x-255

 

5. Cream Foundation

Alas bedak jenis ini halus seperti krim dan memiliki kandungan pelembab. Untuk Anda yang ingin menyamarkan garis halus atau kerutan pada wajah, foundation ini sangat disarankan.  Cream foundation sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kulit wajah dan normal. Foundation ini membuat kulit anda menjadi lembab dan menutupi flek hitam juga kerutan, maka foundation ini adalah media yang tepat untuk menutupi kekurangan dengan lebih sempurna pada wajah tersebut. Foundation ini bertekstur creamy dan kental.

sk-ii-facial-treatment-cream-foundation

6. Mousse

Foundation atau alas bedak ini menyerupai busa dan bisa menutup noda yang tebal pada wajah. Bila digunakan, hasilnya akan lebih natural dibanding dengan alas bedak jenis lainnya. Mousse cocok digunakan untuk segala jenis kulit wajah.

Mouse merupakan foundation cair dengan kandungan udara di dalamnya, sehingga teksturnya lebih ringan dan halus. Foundation jenis ini lebih mudah diaplikasikan untuk memperoleh hasil yang tipis dibandingkan dengan foundation cair. Mousse foundation hadir dalam kemasan spray seperti whipped cream.  Foundation jenis ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama untuk kulit kering atau kulit yang sudah menua karena terksturnya yang ringan dan halus, sehingga tidak akan tertinggal di garis-garis kerutan wajah.

Golden_Rose_Mousse_Foundation_Cosmetics

7. Compact Foundation

Berbeda dengan jenis foundation yang lain, compact foundation adalah gabungan bedak tabur dan foundation dalama satu tempat. Biasanya berbentuk seperti bedak dan sangat mudah digunakan sama seperti saat memakai bedak. Gabungan antara bedak tabur dan foundation yang dikemas dalam satu wadah. Foundation ini banyak digemari wanita aktif karena cara pengaplikasiannya tergolong mudah dan cepat.

Jenis ini sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak. Untuk hasil yang maksimal, sebelum menggunakan, basahilah spons pengusapnya dengan air terlebih dahulu untuk kemudian anda usapkan foundationnya ke wajah, tetapi jika anda ingin kesan warna yang lebih tajam, gunakan saja spons kering.

compact foundations

8. Two Way Cake Foundation

Sama seperti compact foundation, two way cake berbentuk seperti bedak. Jika dipakai menggunakan spons yang basah, maka akan sama seperti memakai alas bedak cair atau krim cair. Hebatnya lagi, two way cake cocok untuk semua jenis kulit. Kelemahan jenis foundation ini adalah mudah berjamur.

maybelline-angelfit-2way-cake-foundation

9. Stick Foundation

Foundation ini biasanya berbentuk stik dan bisa digunakan untuk menutup segala noda hitam dan flek bekas jerawat yang muncul di wajah. Alas bedak berbentuk stick dianjurkan bagi kulit kering dan normal.

Stick Foundation adalah Foundation/ Alas bedak dalam bentuk padat. Alas bedak ini cocok untuk Anda yang memiliki ini kulit kering dan normal karena kandungan minyak yang terdapat pada alas bedak ini membuat kulit Anda terlihat matte, mampu menutup pekat dan menyeluruh hingga mampu menyembunyikan beberapa kerutan hingga noda hitam, bintik-bintik dan luka pada wajah serta kantung mata. Selain itu Stick Foundation sangat mudah untuk diaplikasikan dan sangat nyaman digunakan.

pan_stick_foundation_47600

10. Tinted Moisturizer

Alas bedak ini berfungsi juga sebagai pelembab wajah dengan dominasi warna coklat dan sesuai dengan semua jenis kulit. Bagi Anda yang ingin menambah kesan kulit eksotis pada wajah, foundation jenis ini sangat disarankan meski tidak bisa menutup flek atau noda hitam pada wajah. Merupakan pelembab wajah berwarna karena mengandung pigmen warna. Kelemahannya tidak dapat maksimal menutupi flek di wajah. Pelembab ini bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin menambahkan kesan coklat pada wajah, dan sangat cocok bagi yang ingin mengaplikasikan riasan minimalis. Pelembab jenis ini cocok untuk semua jenis kulit.

Avveno-Tinted-Moisturizer-mdn

Untuk pemilihan foundation mana yang akan diigunakan, sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit yang anda miliki. Selain itu, anda juga perlu tahu tips-tips yang tepat untuk pemakaian foundation:

  • Penerapan foundation pada wajah bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan jari, dengan spons, ataupun kuas khusus, tetapi pemakaian yang bagus adalah dengan jari tangan anda karena akan lebih mudah dan pastinya lebih merata. Satu hal yang perlu di ingat sebelum pemakaian adalah pastikan bahwa tangan harus benar-benar dalam keadaan bersih karena akan langsung berhubungan dengan wajah anda.
  • Pada saat menerapkan foundation pada wajah, pastikan bahwa seluruh bagian wajah rata tertutup oleh foundation, jangan sampai ada sedikitpun bagian wajah yang terlewatkan. Maka gunakan foundation ini di tempat yang cukup terang. Pemakaian foundation yang tidak rata bisa mengakibatkan kesalahan yang fatal pada hasil make up anda.
  • Pada bagian pipi, sebaiknya penerapan foundation harus lebih diperhatikan. Pipi adalah bagian pertama yang sebaiknya mendapatkan usapan foundation. Mengingat pipi biasanya merupakan bagian yang paling mudah terlihat dan banyak diperhatikan orang, maka foundation harus sempurna melekat pada pipi anda.
  • Penggunaan foundation yang terlalu tebal atau terkesan berlebihan sebaiknya dihindari. Karena setelah foundation, pastinya masih ada tempelan bedak yang akan menambah ketebalan, maka sebaiknya hanya oleskan foundation seperlunya, terapkan sedikit-sedikit saja, jika memang perlu lagi bisa anda tambahkan kemudian.
  • Anda juga bisa mnambahkan pemakaian concealer untuk lebih menyempurnakan make up anda. Terapkan pada beberapa bagian di wajah anda yang dianggap perlu, misalnya di bekas jerawat atau bawah mata untuk menyamarkannya. Bentuk concealer yang umumnya berupa stick sangat mudah sekali diterapkan pada wajah anda.

So ladies, how the information, whether helping you to find the right foundation for your skin ? Maybe this is just a little information for you, but may be useful for choosing the right foundation.
Good luck
Be beautiful ❤

 

Referensi penulisan ini :

http://ciricara.com/2013/12/09/10-macam-foundation-sesuai-dengan-jenis-kulit-wajah/

http://female.kompas.com/read/2010/11/11/10225316/10.Jenis.Foundation.yang.Perlu.Anda.Tahu

http://beauty.about.com/od/foundationsconcealers/g/What-Is-Sheer-Foundation.htm

http://wolipop.detik.com/read/2011/12/03/130357/1781784/234/make-up-berkilau-vs-matte-mana-yang-lebih-bagus

http://www.tribunnews.com/lifestyle/2012/11/22/matte-foundation-hilangkan-kesan-mengkilap-pada-wajah

http://makeup.about.com/od/howto1/a/Foundations.htm

http://www.prevention.com/beauty/beauty/how-choose-and-apply-foundation?page=3

http://rosahidayatmakeup.blogspot.com/2012/10/types-of-makeup-foundation.html

http://she-nawangtri.blogspot.com/2012/07/tips-memilih-dan-cara-menggunakan.html

http://informasitips.com/foundation-dan-penggunaannya

http://mybeautyflash.blogspot.com/2010/10/tips-pengaplikasian-stick-foundation.html

Thank you for the inspiration

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s